Abon Sapi Varia Solo Rasa Daging Sapinya Benar benar Khas dan Nikmat

Abon merupakan salah satu obyek wisata kuliner yang sangat terkenal di kota Solo. Apabila ingin merasakan kenikmatannya bisa langsung datang ke Toko Abon Varia yang berada di Jl. Dr. Radjiman 132 kawasan Coyudan, Kalurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan. Bagi para wisatawan dari luar daerah, ada banyak sekali pilihan hotel di Solo yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Coyudan.

Toko Varia memang sangat terkenal sebagai obyek wisata belanja aneka camilan tradisional khas Solo dan yang jadi trade mark toko ini adalah abon. Ketika bertanya pada orang-orang tentang abon, pasti yang ditunju adalah Toko Varia meski kawasan Coyudan tersebut terdapat beberapa kios lain yang juga menjual abon.

Sekilas tentang abon

Abon merupakan makanan yang terbuat dari daging hewan seperti sapi, kambing, ayam dan sebagainya. Tapi di Solo yang paling terkenal adalah abon dari daging sapi. Warnanya coklat gelap dengan citarasa cenderung manis dan gurih. Selain itu ada pula abon yang rasanya agak pedas karena dikasih cabai dalam bumbunya.

Biasanya abon sering dinikmati sebagai lauk pauk makan nasi. Selain itu tidak jarang dipakai sebagai campuran masakan tradisional lain seperti nasi kuning, nasi rames hingga nasi langgi. Bahkan tidak sedikit yang memakainya sebagai isian masakan lemper dan semar mendem.

Meski terbuat dari daging, namun setelah matang diolah abon tidak akan terlihat nyata seperti daging. Bentuknya hampir mirip dengan serabut dan terasa agak kering meski menggunakan minyak saat digoreng.

Keistimewaan abon sapi Varia Solo

Toko Abon Varia Solo sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Toko ini mulai memproduksi abon untuk pertamakalinya pada tahun 1935. Saat ini obyek wisata kuliner tersebut memiliki dua macam varian citarasa abon yaitu abon manis dan abon pedas. Harganya memang sedikit mahal, berkisar antara 70 hingga 100 ribu per kemasan dengan berat bersih ¼ kg.

Selain menyediakan abon sapi Toko Varia juga mempunyai abon lain yang dibuat dari daging ayam dan harganya lebih murah sekitar 50 hingga 60 ribu rupiah per ¼ kg. Produk makanan tradisional lainnya yang juga bisa dibeli oleh wisatawan ketika berkunjung ke toko ini adalah serundeng, terik koyor, rempeyek belut dan masih banyak lagi.

Salah satu keistimewaan utama abon yang produksi Toko Varia yaitu citarasanya yang sangat khas dan nikmat. Bumbu-bumbunya terasa pas di lidah kerena tidak menggunakan campuran bahan kimia. Bahkan meski tidak memakai pengawet, namun bisa tahan lama hingga berhari-hari. Jadi sangat cocok dijadikan oleh-oleh bagi pelancong dari luar daerah