Es Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede Solo, Manisnya Bikin Tenggorokan Jadi Segar

Sama seperti kota-kota lainnya di Indonesia khususnya Jawa, Solo juga mempnyai kekayaan kuliner berupa minuman dawet. Diantara sekian puluh depot dawet yang ada di kota ini, salah satu yang paling terkenal adalah Es Dawet Telasih Bu Dermi yang terletak di komplek pasar tradisional paling legendaris yaitu Pasar Gede.

Lokasi yang strategis

Bagi pecinta wisata kuliner yang ingin merasakan manisnya minuman dawet yang harganya murah, segar dan sehat, depot ini bisa dijadikan pilihan utama. Tidak sulit menemukan depot Es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede sebab berada di lokasi yang sangat strategis, persis di pusat kota yaitu Jl. Urip Sumoharjo, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah.

Depot Es Dawet Bu Dermi sudah mangkal di Pasar Gede sejak puluhan tahun lalu, persisnya sekitar tahun 1930 dan saat ini dikelola oleh cucu atau generasi ketiga Bu Dermi. Oleh karena legendarisnya depot dawet tersebut, maka tidak mengherankan jika setiap hari selalu ramai oleh pengunjung.

Keistimewaan Es Dawet Telasih Bu Dermi

Setiap pelancong dari luar daerah yang menginap dalam hotel di Solo, pasti akan mendapat rekomendasi mengunjungi ke Es Dawet Telasih Bu Dermi ketika bertanya tentang minuman segar yang ada di kota ini. Depot wisata kuliner ini memang memiliki perbedaan sendiri jika dibanding dengan dawet-dawe dari daerah lain.

Es Dawet Telasih Bu Dermi dibuat dari cendol, bubur ketan hitam, bubur sunsum, biji selasih dan tape ketan. Minuman dingin ini selalu diolah tanpa menggunakan bahan pemanis buatan apalagi bahan pengawet.

Pewarnaan cendolnya sendiri memakai daun suji sehingga lebih aman saat dikonsumsi. Lalu untuk pemanisnya, bahan yang dipakai juga berupa gula asli. Selain itu Es Dawet Telasih Bu Dermi memiliki warna putih yang tentu sangat berbeda dengan dawet lainnya yang berwarna coklat. Santannya terdiri dari dua macam yaitu santan kental dan santan encer.

Meski tidak memakai bahan pengawet, namun Es Dawet Telasih Bu Dermi ini bisa disimpan lebih lama dan tidak memunculkan aroma kecut. Rasa manisnya dijamin mampu menjadikan tenggorokan penikmatnya terasa segar dan terasa lebih lezat diminum saat cuaca lagi panas.

Harga

Depot Ed Dawet Telasih Bu Dermi buka setiap hari dari jam 08:00 hingga 15:00 WIB. Meski hari libur, obyek wisata kuliner ini tetap siap melayani pembeli dan pengunjung yang datang. Harganya lumayan murah hanya Rp. 9.000 saja per mangkok. Selain bisa diminum di tempat, juga dapat dibawa ke hotel atau rumah dengan cara dimasukan dalam kantong plastik.