Mencicipi Kelezatan Hidangan Timlo, Masakan Khas dan Legendaris Kota Solo

Mengadakan acara liburan di kota Solo Provinsi Jawa Tengah, menjadi tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati kulinernya. Kota ini selain menyandang status sebagai kota budaya, juga sering dijuluki sebagai surga wisata kuliner. Salah satu jenis masakan yang sangat populer di kota ini adalah timlo.

Apa itu timlo?

Timlo merupakan suatu hidangan yang penampilannya hampir mirip sop dan mempunyai cita rasa yang sangat segar. Isi dari masakan tradisional ini terdiri dari daging ayam yang disuwir-suwir, ati serta ampela ayan, sosis yang dipotong-potong kecil dan telur ayam pindang yang juga diiris kecil-kecil.

Isian berikutnya yaitu jamur kuping, soon dan wortel. Tapi selain itu tidak sedikit pula yang masih menambahnya lagi dengan cacahan daging udang, tahu putih atau tahu goreng, tempe dan bakso. Tapi yang paling utama dan selalu ada adalah suwiran daging ayam, jamur kuping dan sosis potong serta ayam pindang dan wortel.

Sajian ini biasanya disantap sebagai lauk bersama nasi putih dengan taburan bawang merah dan irisan daun seledri. Apabila ingin mendapat rasa yang lebih manis, bisa ditambah kecap. Sedangkan sambalnya berupa sambal bawang dicampur kecap gurih.

Sehingga cita rasa yang muncul adalah kombinasi manis, gurih dan pedas. Kemudian untuk mereka yang ingin mendapatkan sensasi lebih lezat lagi, kuahnya dapat dikasih perasan air jeruk nipis.

Sebenarnya, timlo bukan merupakan masakan tradisional asli kota Solo. Hidangan ini berasal dari China namun sudah dikenal masyarakat Solo sejak ratusan tahun lalu. Tentu saja urusan cita rasa disesuaikan dengan selera dan lidah masyarakat setempat.

Adapun bumbu-bumbu untuk kuahnya antara lain terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica dan garam. Sangat sederhana dan tidak terlalu rumit proses pengolahannya. Tapi saat disajikan, dijamin akan membuat siapa saja yang merasakan akan langsung ketagihan bahkan ingin menambah porsi yang lebih banyak.

Harga

Karena isinya yang sangat komplit, biasanya hidangan timlo ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih mahal dibanding sop. Namun demikian pecinta wisata kuliner pasti tidak akan pernah menyesal setelah merasakan kenikmatan dan kelezatan sajian unik yang hanya dapat ditemukan di Kota Solo ini saja.

Untuk satu porsinya, harganya sekitar 20 hingga 30 ribu rupiah sudah termasuk nasi beserta minumannya. Biasanya timlo ini ditawarkan oleh rumah makan atau warung kaki lima yang secara khusus hanya menyediakan menu masakan itu saja.

Bagi pelancong yang sedang liburan di kota ini namun tidak sempat pergi keluar dari hotel di Solo, tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak rumah makan timlo yang siap memberikan layanan pesan antar melalui telpun atau ojek online.