Tahu Kupat Solikhin Solo, Lezat dan Nikmatnya Sangat Pantas Disantap

Solo yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah memang merupakan daerah wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh siapa saja, termasuk pecinta wisata kuliner. Kota ini memiliki berbagai kekayaan kuliner dengan cita rasa dan keunikan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah tahu kupat.

Tahu Kupat Solikhin

Jika ingin merasakan sensasi kelezatan lebih sempurna atas hidangan tersebut, tempat terbaik yang bisa dituju yaitu Warung Tahu Kupat Solikhin. Lokasinya berada di Jl. Gajah Mada No. 95, Kalurahan Punggawan, Kecamatan Banjarsari.

Letak persisnya tidak terlalu jauh dari Stasiun Balapan dan hanya berjarak sekitar 500 meter saja. Untuk aksesnya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Namun apabila tidak ingin repot sebaiknya memakai transportasi umum berupa bus kota agar tidak kesulitan mencari tempat parkir. Lahan parkir di sekitar warung ini sangat terbatas.

Sebenarnya nama asli dari warung tahu kupat ini adalah Warung Tahu Kupat Sido Mampir. Tetapi karena letaknya yang sangat berdekatan dengan Masjid Solikhin, namanya justru lebih populer dengan sebutan Tahu Kupat Solikhin.

Keistimewaan Tahu Kupat Solikhin

Tahu kupat memang bukan merupakan hidangan nasi, akan tetapi dijamin mampu membuat kenyang setiap penikmatnya. Sesuai dengan namanya, tahu kupat menggunakan bahan utama berupa ketupan yang diiris kecil-kecul kemudian dihidangkan dalam sebuah piring.

Isi utamanya, tentu dapat ditebak yaitu tahu yang juga diiris kecil-kecil yang dimasak dengan cara digoreng. Sedangkan isian lainnya terdiri dari irisan daun kol, tauge, bakwan iris, bakmi kuning dan kacang goreng.

Lalu untuk kuahnya, terbuat dari rebusan air yang dikasih bumbu bawang dan kecap manis. Kuah ini dimasak menggunakan gerabah, sehingga mampu menghasilkan cita rasa yang lebih alami dan lezat.

Berdiri pertamakali sejak tahun 1987, Warung Tahu Kupat Solikhin selalu ramai pengunjung terutama pada siang dan sore hari. Kelezatannya sudah sangat terkenal. Banyak kaum pecinta wisata kuliner yang mengatakan hidangan tahu kupat di tempat ini memiliki kelezatan yang lebih sempurna.

Apalagi kupatnya selalu terasa padat dan kenyal. Selain itu tahu gorengnya selalu disajikan dalam kondisi masih hangat sehingga terasa makin sedap dan segar di mulut. Terlebih lagi harga setiap porsinya sangat murah, hanya 11 ribu rupiah saja atau 14 ribu rupiah jika ingin ditambah dengan telur goreng.

Warung Tahu Kupat Solikhin buka setiap hari dari pukul 07:00 hingga 18:00 WIB. Bagi para pecinta wisata kuliner dari luar daerah, cukup banyak hotel di Solo yang berada dekat dengan warung ini. Jadi apabila ingin menikmati kelezatannya tidak perlu repot mencari transportasi umun dan cukup jalan kaki saja.